Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Marelan

Utami, Dini Sundari (2018) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Marelan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

BSM Cicil Emas adalah fasilitas yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk membantu nasabah membiayai pembelian atau kepemilikan emas berupa emas batangan dengan jangka waktu 1 sampai 5 tahun dengan cara mencicil. Produk ini sangat menguntungkan bagi masyarakat yang menginginkan investasi. Strategi pemasaran adalah desain, implementasi, dan kontrol rencana untuk memengaruhi pertukaran demi mencapai tujuan organisasi. Strategi merupakan sarana organisasi yang digunakan untuk mencapai tujuannya. Maka dari itu, strategi pemasaran sangatlah dibutuhkan dalam tercapainya keberhasilan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran yang digunakan pada Produk Pembiayaan Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Marelan. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah. Pertama, bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan cicil emas di BSM Kantor Cabang Pembantu Marelan, dan kedua, apa saja yang menjadi kendala dalam pemasaran produk pembiayaan cicil emas. Jenis penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah dengan mengambil lokasi penelitian di BSM Kantor Cabang Pembantu Marelan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Marelan menggunakan marketing mix yang meliputi place (tempat) yaitu menentukan faktorlokasi yang tepat, dekat dengan kawasan pusat perdagangan pasar, disekitar PT. Bank Syariah Mandiri KCP Marelan, price (harga), product (produk) dan promotion (promosi). Setelah melakukan penerapan strategi pemasaran, BSM diharapkan lebih mengaktifkan tahap-tahap strategi pemasaran dengan melihat kondisi, kekuatan dan kelemahan serta perubahan lingkungan, sehingga dapat mengetahui apakah strategi yang diterapkan tepat sasaran atau tidak. Dan lebih meningkatkan pengembangan kemampuan karyawan dalam meyakinkan masyarakat agar mempercayai industri perbankan syariah, sehingga perbankan syariah menjadi lebih baik karena bank merupakan bisnis jasa.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:14
Last Modified: 24 Jun 2019 08:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item View Item