Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di Mas Nurul Khair Kec.Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang

Sari, Fenny (2018) Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di Mas Nurul Khair Kec.Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Uatra.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF jadi fenny.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MAS Nurul Khair. 2) strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MAS Nurul Khair. 3) strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MAS Nurul Khair. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil temuan peneltian adalah: 1) Strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumberdaya guru di MAS Nurul Khair seperti untuk mengadakan program pelatihan untuk mengembangkan sumber daya guru untuk mewujudkan kualitas kerja guru yang profesional. 2) Strategi pelaksanaan kepala madsarasah dalam mengembangkan sumber daya guru bawasannya kepala sekolah melakukan rapat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kepada seluruh guru yang ada di madrasah tersebut. Kemudian kepala sekolah mengirimkan beberapa guru-guru dalam setiap tiga bulan sekali mengikuti pelatihan, pembina seperti worshop,diklat serta pembuatan RPP, silabus dan kurikulum 2013. Untuk mengembangkan dan pembinaan para guru-guru tersebut. 3) strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MAS Nurul Khair bahwasannya kepala sekolah dengan melakukan mengobservasi kelas dan melihat kondisi kelas dan kemudian kepala sekolah melakukan komunikasi dengan baik dengan para guru-guru dan kepala sekolah memberi pengembangan guru berupa pelatihan untuk kesejatraan guru. Untuk itu peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah selaku manager menjalankan tugas nya dengan baik dan bertanggung jawab terhadap mengembangkan sumber daya guru dilihat dari bagaimana kepala sekolah melakukan stretegi nya untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:13
Last Modified: 31 Jul 2018 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item