Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Al-Washliyah 48 Binjai

Hafiza, Windy (2018) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MTs Al-Washliyah 48 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Uatra.

[img]
Preview
Text
Skripsi Windy Hafiza_37143004 pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di MTs Al-Washliyah 48 Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung meneliti ke lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan di MTs Al-Washliyah 48 Binjai. Adapun informan penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu: kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru mata pelajaran. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan uji credibility dengan menggunakan teknik triangulasi, uji transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) perencanaan program supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru sudah tersusun dengan benar sesuai dengan ketentuan yang ada, (2) teknik supervisi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah dengan menggunakan teknik supervisi secara individu dan kelompok, (3) evaluasi supervisi yang dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru dilihat dari kinerja yang ditunjukkan guru, dengan adanya kegiatan supervisi akademik ini guru sangat terbantu dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan dalam implementasi supervisi akademik kepala madrasah ini haruslah memiliki program kerja, melakukan pengawasan dalam setiap pelaksanaan sampai pada evaluasi yaitu mengukur dan menilai dari hasil kinerja yang telah dilakukan, maka dapat meningkatkan produktifitas kerja para guru serta dapat mengembangkan profesionalisme guru menjadi lebih baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:13
Last Modified: 31 Jul 2018 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item