Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Di Mts Islamiyah Suluh Medan

Rida, Wardatu (2018) Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Di Mts Islamiyah Suluh Medan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Uatra.

[img]
Preview
Text
WARDATU RIDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem insentif yang diberikan sekolah terhadap kepuasan kerja guru, bentuk tanggung jawab yang dilakukan guru terhadap pekerjaan yang diembankan, adakah reward yang diberikan kepala madrasah kepada guru, kenyamanan yang diberikan kepala madrasah kepada guru dalam lingkungan, komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan guru, upaya yang diberikan kepala madrasah untuk memicu guru menjadi puas dengan hasil kerjanya di MTs Islamiyah Suluh Medan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menggunakan teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, diskusi lengkap terarah dan studi dokumen yang melibatkan kepala madrasah, guru dan staff lainnya untuk mendeskriptif kan komunikasi interpersonal kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru dengan menyajikan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lebih banyak guru yang mengatakan tidak adanya penambahan insentif untuk guru yang berprestasi, (2) Guru yang berada di MTs Islamiyah tersebut sangat bertanggung jawab dengan hasil kerjanya, (3) dalam penambahan reward tidak ada diberikan berupa materi hanya saja dukungan dan motivasi untuk guru, (4) Kepala madrasah selalu memberikan kenyamanan kepada guru di lingkungan sekolah, (5) Komunikasi yang digunakan kepala madrasah adalah media elektronik yang dimana ketika tidak berada di sekolah bisa mengawasinya dengan baik, (6) Upaya yang diberikan kepala madrasah untuk memicu guru menjadi puas dengan hasil kerjanya memicu pada lima macam yaitu keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwasanya komunikasi interpersonal kepala madrasah sangat berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan kerja guru di MTs Islamiyah Suluh Medan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:13
Last Modified: 31 Jul 2018 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item