Hubungan Gaya Kepemimpinan Pertisipatif Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan

Dalimunthe, Nurhasanah (2018) Hubungan Gaya Kepemimpinan Pertisipatif Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skirpsi PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui tingkat Kecenderungan Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah di SMP Negeri 27 Medan, 2) Untuk mengetahui tingkat Kecenderungan Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan, 3) Hubungan antara Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 27 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif populasi 47 guru dan memiliki sampel 47. Adapun instrumen pengumpulan data adalah dengan observasi dan angket. penelitian ini ditetapkan berdasarkan ketentuan, maka sampel penelitian adalah sampel total keseluruhan populasi disebabkan karena jumlahnya kurang dari 100. Metode penelitian korelasional bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hitung variabel Kepemimpinan Partisipatif sebesar 61,34% dan Kinerja Guru sebesar 62,57%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan Kepemimpinan Partisipatif (X) berhubungan kuat dan secara signifikan dengan Kinerja Guru (Y) di SMP Negeri 27 Medan, hal ini ditandai dengan hasil analisis hipotesis dengan sumbangan efektifnya sebesar 0,80%. Sedangkan nilai signifikansi hubungan keduanya (Kepemimpinan Partisipatif dengan Kinerja Guru) dapat dilhat melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 5,931 sedangkan nilai t tabel = 2,014. Oleh karena t hitung (5,931) > t tabel (2,014), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel Kepemimpinan Partisipatif dengan Kinerja Guru dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis korelasi Ῠ =56,937 + 0,092 X1, persamaan garis korelasi ini menjelaskan bahwa jika faktor Kepemimpinan Partisipatif meningkat sebesar satu unit maka Kinerja Guru juga akan meningkat sebesar 0,092 + 56,937 = 5,238 satuan. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa Kepemimpinan Partisipatif kepala sekolah berhubungan dengan Kinerja Guru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peningkatan Kinerja Guru dapat dilakukan dengan Kepemimpinan Partisipatif yang dibawakan kepala sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Jul 2018 08:36
Last Modified: 28 Jul 2018 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3827

Actions (login required)

View Item View Item