Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 27 Medan

Matondang, Nurhalimah (2018) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 27 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi PDF.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). kompetensi profesional guru di SMP Negeri 27 Medan. 2). Kompetensi manajerial kepala sekolah yang dilakukan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 27 Medan. 3). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: Kepala sekolah, Guru dan Siswa di SMP Negeri 27 Medan. Hasil peneltian adalah: 1). Kompetensi profesional guru disekolah SMP Negeri 27 Medan dapat dilihat dari guru yang mengajar dikelas dan dapat diketahuai bahwa guru yang ada dapat dikatakan profesional meski belum menyeluruh. 2). Kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui perencanaan yang melibatkan guru dan menyesuaikan dengan kebutuhan guru, serta pelaksanaan kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalsme guru dan pelatihan-pelatihan, dan juga supervisi yang dilakukan untuk menilai sejauh mana kemampuan profesional guru dibidangnya dan untuk mengetahui tindak lanjutnya. 3). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dapat dilihat melalui strategi kepala sekolah untuk mengikut sertakan dan mewajibkan guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, workshop, mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Kepala sekolah melakukan supervisi terhadap guru-guru dengan terjun langsung ke kelas, dan kepala sekolah mewajibkan guru-guru untuk dapat menguasi dengan penuh RPP yang dibuat oleh guru guna menciptkan proses pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Untuk itu peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah selaku manager menjalankan tugas nya dengan baik terhadap peningkatan profesionalisme guru dilihat dari bagaimana kepala sekolah melakukan stretegi nya untuk peningkatan profesionalisme guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 28 Jul 2018 08:36
Last Modified: 28 Jul 2018 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item