Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Jigsaw (Tim Ahli) Pada Materi Pokok Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Di Kelas Viii MTs Al-Ishlah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Nasution, Khairani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Jigsaw (Tim Ahli) Pada Materi Pokok Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Di Kelas Viii MTs Al-Ishlah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah di lakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw (Tim Ahli) pada materi pokok lingkaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa di kelas VIII MTs Al-Ishlah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa/i MTs Al-Ishlah Medan kelas VIII semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data, verifikasi, dan menarik kesimpulan. Kemampuan berpikir matematis siswa sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas yang hanya sebesar 60,65 dengan persentase siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebesar 36,67%. Terjadi peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 71,96 dan 80% di akhir siklus I yang meningkat menjadi 77,93 dan 93,33% di akhir siklus II. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata persentase keaktifan siswa yaitu sebesar 53,33% pada siklus I dan 66,67% pada siklus II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:47
Last Modified: 25 Jul 2018 09:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item