Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui Strategi Problem Based Learning (Pbl) pada pembelajaran IPA materi peristiwa alam di Kelas V MIN Padang Tualang Kab. Langkat Tahun pelajaran 2016/2017

Andi, Muhammad (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui Strategi Problem Based Learning (Pbl) pada pembelajaran IPA materi peristiwa alam di Kelas V MIN Padang Tualang Kab. Langkat Tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ANDI.PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode PBL (Problem Based Learning). Sampel adalah seluruh siswa kelas V MIN Padang Tualang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2016/2017. Yang terdiri dari 30 orang 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data antar lain,lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan tes kemampuan awal siswa yang tuntas 20%.Selanjutnya di tindakan siklus I dengan metode PBL (Problem Based Learning) bahwa hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA materi peristiwa alam dapat diketahui sebanyak 56.67% dinyatakan tuntas Kemudian melalui post test siklus II membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam sebanyak 80% dinyatakan tuntas. Berdasarkan perbandingan jumlah tersebut maka dapat dikemukakan bahwa perolehan hasil post test siklus II mengalami ketuntasan pada hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa tidak perlu dilakukan tindakan perbaikan melalui pelaksanan siklus berikutnya. Metode Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran siswa kelas V MIN Padang Tualang. Metode Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Padang Tualang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:53
Last Modified: 20 Jul 2018 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item