Hubungan kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar trigonometri Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kab. Langkat Tahun Ajaran 2016/2017

Dahri, Evi Sartika (2017) Hubungan kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar trigonometri Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kab. Langkat Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Evi Sartika Dahri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian inni bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan numerik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar trigonometri kelas X MAN 1 Tanjung Pura. Penelitian ini merupakan diskriptif korelasi. Populasi adalah 200 orang diperoleh sampel penelitian sebanyak 133 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi menunjukkan analisis korelasi parsial, dengan mengontrol variabel motivasi belajar siswa diperoleh ry12 = 0,260 dan koefisien korelasi parsial tersebut berarti karena harga thitung = 3,073 lebih besar dari harga ttabel = 1,66. Berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan numerik dengan hasil belajar Trigonometri. Hasil perhitungan dengan teknik korelasi menunjukkan bahwa harga koefisien korelasi yang diperoleh rx2y = 0,200. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Diperoleh thitung = 2,335 dan diketahui ttabel = 1,66. Berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa berdasarkan analisis korelasi parsial, dengan mengontrol variabel kemampuan numerik diperoleh ry21 = 0,180 dan koefisien korelasi parsial tersebut berarti karena harga thitung = 2,084 lebih besar dari harga ttabel = 1,66. Pada perhitungan keberartian regresi diperoleh Fhitung = 7,44 dan Ftabel = 3,07. Dari hasil pengujian ini disimpulkan bahwa regresi berarti. Dari hasil pengujian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 7,44 > 3,07, maka Ho ditolak bahwa koefisien korelasi ganda tidak berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi ganda antara Y dengan X1 dan X2 berarti. Kesimpulan yang diperoleh dari pengujian adalah terdapat hubungan yang positif antara kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Trigonometri siswa kelas X MAN 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2016/2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:53
Last Modified: 20 Jul 2018 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item