Kemampuan guru PAI dalam merancang tes: Analisis aplikasi Anates Ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai

Wiguna, Satria and Syaukani, Syaukani and Ananda, Rusydi (2018) Kemampuan guru PAI dalam merancang tes: Analisis aplikasi Anates Ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai. Edu Religia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 2 (1). pp. 1-9. ISSN 2581-0251

[img] Text
1277

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
4. Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Tes....pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru pendidikan agama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Hinai dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru PAI merancang tes serta kemampuan guru PAI dalam menganalisis tes dengan menggunakan aplikasi Anates ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menghasilkan data berupa katakata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang dapat diamati, sedangkan yang menjadi instrumennya adalah peneliti sendiri. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan secara interaktif dengan proses analisis data reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja (menarik kesimpulan penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pendidikan agama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Hinai yaitu melalui musyawarah MGMP agama Islam dan KKG Langkat, kemampuan guru pendidikan agama Islam kelas X dan XII yaitu Ibu Masnia dan Nur Azizah cukup baik, karena membuat soal pilihan ganda dan essay atau uraian berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal. Namun perlunya perbaikan untuk meningkatkan kualitas soal yang lebih baik. 2) Melalui pelatihan, diklat, worskop pendidikan agama Islam ataupun seminar pendidikan yang diiukuti oleh guru PAI akan meningkatkan pemahaman dalam membuat atau merancang soal dengan benar dan tepat. 3) Kemampuan Ibu Marjiah sebagai guru pendidikan agama Islam kelas XI kurang baik, sehubungan guru honor baru yang mengajar di sekolah SMA Negeri 1 Hinai, karena tidak percaya diri dan mempermudah dalam pembuat soal dalam ulangan semester ganjil dan genap.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 24 May 2018 08:15
Last Modified: 02 Apr 2019 06:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item