Eflida, Fita Leli (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode simulasi mata pelajaran fikih materi perekonomian dalam islam ma kelas xal-ittihadiyah Bromo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Fita Leli Eflida.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih pada materi perekonomian dalam Islam, pada kelas MA kelas X di Al-ittihadiyah Bromo melalui metode simulasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MA Al-ittihadiyah di Jl. Bromo No. 25. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri perekonomian dalam Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelajaran fikih melalui penerapan metode simulasi mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus atau pertemuan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 62,76 atau 12% siswa yang tuntas. Pelaksanaan metode pembelajaran simulasi sudah sesuai dengan prosedur peaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembeajaran pada siklus I niai rata-rata 65,8 atau 14% siswa yang tuntas. Dan hasil belajar pada siklus II eningkat menjadi 73,8 atau 22 siswa yang tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perekonomian dalam Islam pada mata pelajaran fikih di keas X MA Al-ittihadiyah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 07:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 08:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
View Item |