Nasution, Zulkipli (2017) Konsep interaksi edukatif dalam pendidikan islam (Perseptif Al-qur'an). Resitasi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2 (4). pp. 38-50. ISSN 2541-3538
Text
JURNAL PAK ZULKIFLI NASUTION.pdf Download (2MB) |
Abstract
Suatu sejarah berbentuk kisah dan cerita dapat berkaitan dengan poses pendidikan apabila, dalam proses interaksi yang ada pada kisah tersebut terdapat: tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, materi dan metode. Oleh karena itu penulis mencoba mengkaji beberapa ayat al-Qur’an yang mengandung makna kisah-kisah orang terdahulu, dengan mengambil model interaksi pendidikan dalam perjalanan kisah orang tedahulu dalam al-Qur’an. Dari latar belakang diatas, maka muncul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah konsep interaksi edukatif dalam perspektif al-Qur’an dan Aplikasinya dalam pendidikan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’an tentang kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa (Q.S. Al-Kahfi: 60-82), kemudian kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail (Q.S. Al-Shaffat: 102-107) dan yang terakhir adalah kisah Luqman (Q.S. Luqman: 12-19). Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep interaksi edukatif dalam al-Qur’an melalui kisah-kisahnya terdiri dari: 1) Tujuan pendidikan: humanisasi, insan kamil dan akhlak mulia; 2) Karakteristik Pendidik: bijaksana, penuh kasih sayang, demokratis, mengenal murid dan memahami kejiwaaannya, berpengetahuan luas, memahami materi, sabar dan ikhlas; 3) Karakteristik Anak didik: Patuh, tabah, sabar, cita-cita yang kuat serta tidak putus asa dan bersungguh-sungguh, sopan santun, rendah hati dan hormat pada guru; 4) Materi: akidah, syari’ah dan akhlak; dan 5) Metode: dialogis, uswatun hasanah, demokratis, dan mauizah
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 03:48 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 03:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
View Item |