Pembaruan Pendidikan Islam Di Aceh: Studi Historis Tentang Jami’ah Almuslim 1929-2010

Syaifullah, Syaifullah (2012) Pembaruan Pendidikan Islam Di Aceh: Studi Historis Tentang Jami’ah Almuslim 1929-2010. Doctoral thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtract.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pembaruan pendidikan Islam di Aceh yang dilakukan Jami’ah Almuslim. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pembaruan pendidikan Islam di Aceh yang dilakukan Jmai’ah Almuslim yang meliputi pembaruan dalam bidang kelembagaan, sistem pendidikan dan metodologi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode historis (historiscal research), dengan tahapan heuristik, verifikasi (kritik), interpretasi dan historiografi. Proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik studi dokumentasi, observasi, survei literatur dan wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah display, reduksi, dan verifikasi (kritik sejarah, keabsahan sumber). Temuan penelitian mengimformasikan: Pertama, Jami’ah Almuslim telah melakukan pembaruan dalam bidang lembaga pendidikan dari lembaga pendidikan tradisional, berupa meunasah, rangkang dan dayah telah diperbarui ke corak lembaga pendidikan modern seperti madrasah pada tahun 1930, sekolah pada tahun 1969 dan perguruan tinggi pada tahun 1985. Kedua, Jami’ah Almuslim telah melakukan pembaruan dalam bidang manajemen, dari manajemen pengelolaan kelembagaan yang bersifat kepemimpinan individual ke sistem kolektif (Yayasan). Ketiga, Jami’ah Almuslim telah melakukan pembaruan dalam bidang sistem pendidikan, yaitu: a) aspek tujuan pendidikan telah diperbarui, dari tujuan ukhrawi semata, menjadi tujuan pendidikan yang koprehensif dan seimbang antara duniawi dan ukhrawi. b) aspek pendidik telah terjadi pembaruan dari sistem rekrutmen dari kalangan internal (dari murid dayah sendiri) ke sistem yang lebih professional dengan mengedepankan kompetensi dan keahlian serta mekanismen yang jelas. c) aspek peserta didik, telah dilakukan pembaruan dari rekrutmen yang tidak mengenal batas usia ke rekrutmen peserta didik yang memiliki sejumlah persyaratan yang disesuaikan dengan ketentuan modern. d) faktor kurikulum, telah diperbarui dari ‘ulûm al-dîn semata, ke kurikulum perpaduan antara al-’ulûm al-naqliyyat dengan al-’ulûm al-‘aqliyyat. e) aspek metode, juga telah diperbarui dari metode klasik (ceramah, baca kitab, al-jadâl, dan hafalan) ke metode-metode modern yang disesuaikan dengan bahan ajar. f) aspek evaluasi juga telah terjadi pembaruan. sebelumnya lulusan dayah diukur dengan legitimasi restu Teungku Chik dengan cara terlebih dahulu ditentukan oleh penampilan kemampuan mengajarkan kitab klasik kepada orang lain dan audiensinya (mustami’) menjadi puas, sekarang bergeser ke bentuk ujian (imtihân) resmi dengan sistem angka-angka tanda lulus atau naik tingkat, bahkan dengan ijazah (formal). Kempat, Jami’ah Almuslim telah melakukan pembaruan dalam bidang metodelogi pengajaran dari sistem lingkaran studi (halaqat) ke sistem klasikal modern.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 02 Mar 2016 09:02
Last Modified: 02 Mar 2016 09:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item