Penerapan metode Al¬-Hira’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SD Swasta Al-Hira’ Kecamatan Medan Denai

Hasibuan, Ahmad Ibrahim (2014) Penerapan metode Al¬-Hira’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SD Swasta Al-Hira’ Kecamatan Medan Denai. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Ahmad Ibrahim Hsb.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Al-Hira’ di SD Swasta Al-Hira’ Kecamatan Medan Denai. Bagaimana kemampuan membaca Alquran Siswa SD Swasta Al-Hira’ Kecamatan Medan Denai. Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan Metode Al -Hira di SD Swasta Al-Hira’ Kecamatan Medan Denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau naturalistik, maka penelitian ini tidak menggunakan statistik sebagai pengolahan data. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi (pengamatan), angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Temuan penelitian ini ada tiga yaitu: pertama, Metode Al-Hira’ yang diterapkan untuk kemampuan membaca Alquran di SD Swasta Al-Hira’ dengan 20 langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut; 1). Cara membaca huruf berbaris atas, 2). Cara membaca huruf berbaris bawah, 3). Cara membaca huruf berbaris depan, 4). Mengenal huruf bersambung, 5). Tanda panjang, 6). Cara membaca tanwin, 7). Cara membaca huruf yang mati, 8). Cara membaca huruf bertashdid, 9). Cara membaca alif lam, 10). Hukum membaca lafaz al-Jalalah, 11). Cara membaca hamzah wasol, 12). Cara memberhentikan bacaan, 13). Cara membaca huruf-hurf muqththa’ah, 14). Hukum nun mati dan tanwin (idgham, izhar halqi, iqlab, ikhfa’ dan haqiqi). 15). Hukum mim mati (idgham mitlain, ikhfa’ syafawi, izhar syafawi). 16). Hukum qalqalah, 17). Hukum ra’ 18). Hukum mad, 19). Hukum idgham (idgham mutamatsilain, idgham mutaqoribain dan idgham mutajanisain). 20). Tanda-tanda waqf. Kedua, kemampuan membaca Alquran siswa kelas I SD Swasta Al-Hira’ masih dikategorikan kurang mampu. Kemampuan membaca Alquran siswa kelas II SD Swasta Al-Hira’ dapat dikategorikan mampu. Kemampuan membaca Alquran siswa kelas III sampai kelas VI dapat dikategorikan sangat mampu membaca Alquran sesuai dengan tajwid dan makhroj huruf. Ketiga, kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode Al-Hira’adalah; 1). Pengenalan huruf, 2). Penyambung huruf, 3). Penggunaan tajwid.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:33
Last Modified: 20 Oct 2017 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item