Ramadhani, Novia (2024) Pengembangan Buku Bacaan Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas 3 SD Muhammadiyah 18 Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
cover_Novia.pdf - Submitted Version Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB_1_Novia.pdf - Submitted Version Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB_2_Novia.pdf - Submitted Version Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB_3_Novia.pdf - Submitted Version Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB_4_Novia.pdf - Submitted Version Download (943kB) |
![]() |
Text
BAB_5_Novia.pdf - Submitted Version Download (118kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka_Novia_compressed.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Buku Bacaan Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas 3 SD Muhammadiyah 18 Medan”. Pengembangan buku bacaan yang mana sebagai media menunjang pembelajaran memiliki hubungan yang luas antara tulisan, gambar, dan lainnya. Buku bacaan berbasis karakter ini didalamnya terdapat narasi teks secara singkat yang dihubungankan dengan gambar berwarna dan kosa kata yang dapat disampaikan lewat ilustrasi maupun teks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian RND dengan menggunakan model ADDIE. Model penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 18 Medan. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, media, dan bahasa, serta diperoleh juga data dari angket respon guru, angket respon peserta didik dan tes kemampuan membaca. Alat pengelola data menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku bacaan berbasis karakter untuk meningkatkan kemampuan membaca yang dikembangkan, diperoleh data dari validator ahli media dengan persentase 80% kategori valid, validator ahli materi dengan persentase 80% pada kategori valid dan validator ahli bahasa dengan persentase 80% pada kategori valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan, dengan persentase 88% pada kategori sangat praktis dan uji kelompok besar 91%. Dengan demikian buku cerita bergambar yang dikembangkan praktis (3) Keefektifan buku bacaan dilihat dari hasil tes dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan, dengan persentase rata-rata nilai siswa N Gain 84% pada kategori Efektif
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Bacaan Berbasis Karakter, Kemampuan Membaca Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |