Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Washliyah Parlakitangan

Manurung, Nabelia Utami and Fauza, Hendri and Susanti, Eka (2024) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Washliyah Parlakitangan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7 (3). pp. 1-7.

[img] Text
artikel nabelia dan eka.pdf

Download (174kB)

Abstract

Menurut penelitian berjudul “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTS Al-Washliyah Parlakitangan”. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS cukup rendah. Penelitian ini menunjukan bahwa guru tidak banyak inovasi dalam menggunakan model-model pembelajaran dan media belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis media infografis dan siswa yang hanya menggunakan pembelajan konversional, serta pengaruh yang signifikan dari penggunaan pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTS Al- Washliyah Parlakitangan yang berjumlah 69 siswa. Sampel pada penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test dan SPSS Version 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh pembelajaran inkuiri. pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata- rata sebesar 83,13 dan kelas kontrol sebesar 78,96. Hasil hipotesis menunjukan nilai adalah thitung 3.308 dan ttabel 2.015. Dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel yaitu 3.308 > 2.015. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf α = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh sedang pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTS Al-Washliyah Parlakitangan. Studi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis dengan variabel tambahan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Jul 2025 05:13
Last Modified: 20 Jul 2025 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25737

Actions (login required)

View Item View Item