Pengaruh media pembelajaran papan ludo dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar

Putri Azizah Harahap, Wan Pengaruh media pembelajaran papan ludo dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia).

[img] Text
4308-13663-1-PB.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran papan ludo dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di MIS Ikhlasiyah Tuamang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Instrumen pada penelitian ini merupakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yang dipilih secara tidak random yang selanjutnya diberikan Pre-Test dan Post-Test agar mengetahui kondisi awal dan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui sampling jenuh dimana semua populasi merupakan sampel. Analisis data berupa statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Test. Analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 25. Diperoleh hasil dari penelitian bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran papan ludo dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di MIS Ikhlasiyah Tuamang. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji T-Test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:50
Last Modified: 07 Feb 2025 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item