Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pembelajaran Visual Thinking Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTs

Nasution, Arief Hidayat (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pembelajaran Visual Thinking Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTs. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_skripsi.pdf

Download (711kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
skripsi_Bab_3.pdf

Download (366kB)
[img] Text
skripsi_bab_4.pdf

Download (549kB)
[img] Text
skripsi_bab_5.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka__.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) berbasis Pembelajaran Visual Thinking pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model Plomp. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IX MTs Al-Islamiyah Beringin yang berjumlah 35 siswa. Penelitian dilakukan di MTs Al-Islamiyah Beringin pada tanggal 22 Februari 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, kemudian adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, soal tes dan angket. Analisis nilai LKPD dari para validator diperoleh indeks sebesar 0,86 untuk ahli materi memiliki kategori tinggi atau sangat valid, nilai indeks dari ahli media sebesar 0,76 dengan kategori sedang atau valid, dan nilai indeks dari ahli bahasa sebesar 0,87 dengan kategori tinggi atau sangat valid. Klasifikasi angket guru memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,6 dari skor maksimal 5,00 dan hasil angket peserta didik memenuhi riteria kuat atau praktis dengan presentase 83,05% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran visual thinking memiliki kualitas praktis. Kefektifan diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sicara klasikal setelah menggunakan LKPD sangat efektif sebesar 85% (siswa yang mendapatkan skor ≥75) dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan 57%, sehingga penggunaan LKPD berbasis pembelajaran visual thinking sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:20
Last Modified: 07 Feb 2025 07:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item View Item