Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Xi Mas Al Junaidiyah

Aminda, Aisyah Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Xi Mas Al Junaidiyah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
21_+705-714_(1)_(4).pdf

Download (252kB)

Abstract

Memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan proses belajar adalah peran guru. Banyak guru masih mengaplikasikan metode ceramah dan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered), Proses pembelajaran seperti hal ini tidak dapat dianggap sebagai metode pengajaran yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan tindakan konkret oleh guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Tindakan tersebut mencakup penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model student facilitator and explaining. Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Al Junaidiyah yang berjumlah 26 siswa. Sampel pada penelitian ini dalah kelas XI1 dan XI2. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan tes soal kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajara student facilitator and explaining hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran IPS. Nilai rata-rata post-test menunjukkan bahwa nilai dari kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control yaitu sebesar 76,66 kelas eksperimen dan 61,66 untuk kelas control.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:17
Last Modified: 07 Feb 2025 06:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item