Penerapan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Terpadu Geranio Medan

Chairani, Vivi (2024) Penerapan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Terpadu Geranio Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Cover (3).pdf

Download (797kB)
[img] Text
Bab_1_Vivi_Chairani.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Bab_2_Vivi_Chairani.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Bab_3_Vivi_Chairani.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Bab_4_Vivi_Chairani.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Bab_5_Vivi_Chairani.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Vivi_Chairani.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan media loose parts di TK Islam Terpadu Geranio Medan. yang dilatarbelakangi bahwa hasil belajar peserta didik Dalam penerapan media loose parts pada kelompok TK A2 di TK Islam Terpadu Geranio dengan jumlah murid 12 orang yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sumber data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu hasil dari setiap siklus, peneliti membuat perbandingan persentase nilai anak sebelum tindakan dan sesudah tindakan menggunakan media loose parts yang dilakukan untuk meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan tindakan siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose parts untuk meningkatkan motorik halus anak dapat meningkat dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 80% yaitu 89.84%. Sebelum adanya tindakan, motorik halus dan kreativitas anak sudah mulai berkembang tetapi pada siklus I sudah mulai berkembang. Peningkatan dari siklus I pertemuan ke-1 31,51%, siklus I pertemuan ke-2 anak mulai bersemangat membuat sepeda dari ranting pohon 58,59%, siklus II pertemuan ke-1 anak sudah mampu melakukan gerak tangan saat menghias kegiatannya dengan membuat gelang dari pipet warna-warni 75%, siklus II pertemuan ke-2 anak sudah mampu menyelesaikan kegiatannya dengan kreatif dengan membuat rintik hujan dengan berbagai macam media loose parts serta anak mulai mampu mengikuti kegiatan yang di contohkan oleh guru 89,84%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:09
Last Modified: 07 Feb 2025 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item