Problematika Pendidikan Islam Perspektif Ramli Abdul Wahid

Mangunsong, Irvan (2024) Problematika Pendidikan Islam Perspektif Ramli Abdul Wahid. Masters thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_TERBARU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan biografi Ramli Abdul Wahid dan menganalisa pemikirannya terkait problematika pendidikan Islam dan solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi tokoh. Data yang digunakan diperoleh langsung dari tulisan-tulisan Ramli yang membahas tentang pendidikan Islam umumnya dan problematika pendidikan Islam khususnya. Dalam menganalisa data, digunakan analisa data interpretasi dan koherensi intern yang bertujuan untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga poin. Pertama, Ramli merupakan ulama dan ilmuan multidisipliner. Secara spesialisasi, ia adalah profesor bidang hadis, namun secara keilmuan, ia membahas berbagai disiplin ilmu seperti teologi, tasawuf, fikih, ulum Al-Qur’an, sosial-politik dan pendidikan Islam. Kedua, menurut Ramli pendidikan Islam ialah usaha pendidik untuk melatih peserta didiknya agar mampu secara mandiri melakukan hal yang berguna dan baik bagi dirinya dan orang lain berdasarkan ajaran Islam yang bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Ketiga, menurut Ramli terdapat enam problematika pendidikan Islam yaitu munculnya SKB 3 Menteri, pendidik yang kurang kompeten, lemahnya semangat peserta didik dalam menuntut ilmu, semaraknya gelar akademik palsu, lemahnya penguasaan bahasa Arab, dan lemahnya pendidikan akhlak. Solusi problematika pendidikan Islam juga terdapat enam poin yaitu membuka pendidikan kader ulama, meningkatkan kompetensi pendidik, meningkatkan semangat peserta didik dalam menuntut ilmu, memberi sanksi kepada pelaku gelar akademik palsu, meningkatkan penguasaan bahasa Arab, dan meningkatkan pendidikan akhlak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:54
Last Modified: 06 Feb 2025 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item