Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Sosial Anak

Maimanah, Ashabul Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Sosial Anak. Jambura Early Childhood Education Journal.

[img] Text
3210-Article_Text-9200-1-10-20240804.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh konsep diri terhadap kemampuan sosial anak usia dini di Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Konsep diri, yang mencakup pemahaman anak terhadap dirinya sendiri dan karakteristik individu, dianggap krusial dalam membentuk kemampuan sosial yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana untuk menganalisis data dari 83 anak TK yang dipilih secara acak dari populasi 480 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan sosial anak. Data analisis menunjukkan bahwa setiap peningkatan dalam konsep diri anak berhubungan positif dengan peningkatan kemampuan sosial mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya mengembangkan konsep diri positif pada anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan sosial mereka, termasuk interaksi, komunikasi, dan kerjasama dengan teman sebaya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang bagaimana mendukung perkembangan konsep diri anak guna memperbaiki kemampuan sosial mereka. Implikasi praktis mencakup penerapan metode pembelajaran edutainment yang dapat meningkatkan kesadaran diri anak, serta mengintegrasikan strategi pengembangan konsep diri dalam program pendidikan anak usia dini

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:31
Last Modified: 06 Feb 2025 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item