Penyelesaian Sengketa Perubahan Bentuk Logo Cup Pada Merek Minuman Momo Cheese Tea Oleh Mitra Berdasarkan Fatwa No 1/Munas Vii/Mui/5/2005 Dan Uu Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis (Studi Kasus Franchise Momo Cheese Tea Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang)

KHOIRUL IHSAN, ROID (2024) Penyelesaian Sengketa Perubahan Bentuk Logo Cup Pada Merek Minuman Momo Cheese Tea Oleh Mitra Berdasarkan Fatwa No 1/Munas Vii/Mui/5/2005 Dan Uu Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis (Studi Kasus Franchise Momo Cheese Tea Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Cover (14).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__BAB_1.pdf

Download (937kB)
[img] Text
3__BAB_2.pdf

Download (719kB)
[img] Text
4__BAB_3.pdf

Download (743kB)
[img] Text
5__BAB_4.pdf

Download (693kB)
[img] Text
6__BAB_5.pdf

Download (445kB)
[img] Text
7__DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Penyelesaian Sengketa Perubahan Bentuk Logo Cup Pada Merek Minuman Momo Cheese Tea Oleh Mitra Berdasarkan Fatwa No 1/MUNAS VII/MUI/5/2005 Dan UU Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis (Studi Kasus Franchise Momo Cheese Tea Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang)”. Perubahan bentuk logo pada merek minuman Momo Cheese Tea oleh mitra bisnis menghadirkan permasalahan hukum yang berkaitan dengan hak merek dan aspek hukum Islam. Dalam konteks ini, diperlukan pemahaman tentang fatwa MUI Nomor 1/MUNAS VII/MUI/5/2005 yang mengatur aspek etika perubahan logo dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek yang memberikan perlindungan hukum terhadap pemilik merek. Pemahaman tentang kedua aspek ini penting dalam menyelesaikan sengketa dan menjaga hak-hak pemilik merek dalam bisnis kemitraan Momo Cheese Tea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab mitra merubah logo cup minuman Momo Cheese Tea, dampak perubahan logo cup minuman Momo Cheese Tea oleh mitra terhadap pihak pemilik Momo Cheese Tea, serta penyelesaian sengketa antara pemilik logo Momo Cheese Tea dengan mitranya mengenai perubahan logo tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian empiris (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui tahapan wawancara yang terstruktur. Sehingga data yang dihasilkan akan dikembangkan menjadi suatu hasil analisis yang menerangkan suatu peristiwa yang diteliti. Hasil penilitian ini menunjukan dalam konteks perubahan logo cup minuman Momo Cheese Tea oleh mitra bisnis dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti penghematan biaya produksi, volume produksi yang tinggi, dan penyesuaian dengan anggaran bisnis. Perubahan ini juga berpotensi memiliki dampak signifikan terhadap pemilik merek. Dampak tersebut melibatkan citra merek, loyalitas pelanggan, identifikasi merek, penjualan, kepuasan pelanggan, reaksi pasar, dan hubungan bisnis. Perubahan logo cup tanpa izin dapat berpotensi mengakibatkan wanprestasi dalam perjanjian kemitraan, yang dapat memiliki konsekuensi hukum serius seperti tuntutan ganti rugi dan pembubaran perjanjian. Oleh karena itu, penyelesaian sengketa dan pengelolaan perubahan perlu memperhatikan baik aspek hukum Islam maupun hokum positif, dengan komunikasi yang efektif dan upaya untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:57
Last Modified: 06 Feb 2025 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item