Group Guidance on Role Playing Techniques for the Self-Esteem of Fatherless Children in Orphanages

Yusuf, Muhammad (2024) Group Guidance on Role Playing Techniques for the Self-Esteem of Fatherless Children in Orphanages. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.

[img] Text
Artikel_Yusuf.pdf

Download (601kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kondisi self esteem anak fatherless di panti asuhan putra Muhammadiyah yang rendah. Anak dengan kondisi self esteem yang rendah mempunyai pandangan yang negatif terhadap dirinya dimana hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan self esteem anak panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Populasinya berjumlah 26 anak di Panti Asuhan Putera Muhammadiysh kots Medan, dengan sampel berjumlah 8 orang anak yang mempunyai self esteem rendah, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert, dengan meliputi 4 ( empat) aspek pengukuran yaitu kekuatan, keberartian, kebajikan dan kemampuan yang dinyatakan copersmith dalamSusanto, (2018). Uji reliabilitas menggunakan program SPSS menunjukkan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,661, nilai Cronbach Alpha di atas 0,05 (0,661 > 0,05) menunjukkan reliabilitas yang memadai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon, dengan hasil signifikansi asyimp.sig (2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan analisa tersebut maka dapat disimpulkan, layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan self esteem anak panti asuhan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:10
Last Modified: 05 Feb 2025 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item