Harahap, Nur Fauziah (2024) Implementasi penilaian hasil belajar PAI dalam kurikulum merdeka di MTs hifzil qur’an islamic centre Sumatera Utara. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9 (1). pp. 62-72.
![]() |
Text
Artikel_yang_telah_terbit.pdf Download (576kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian hasil belajar PAI dalam Kurikulum Merdeka di MTs Hifzil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui metode penelitian lapangan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan MTs Hifzil Qur’an Islamic Centre sudah menerapkan kurikulum merdeka selama 2 semester, dengan menggunakan asesmen formatif dan sumatif dalam proses pembelajarannya. Madrasah ini juga sudah melaksanakan P5 PPRA dengan tema kewirausahaan. Teknik penilaian yang digunakan guru PAI berupa penilaian diri, penilaian antarteman, lembar observasi, tes tulisan, tes lisan, tanya jawab, dan unjuk kerja. Kemudian perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka yaitu, dalam kurikulum 2013 banyak yang harus di isi karena memuat penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan dalam kurikulum merdeka lebih simple penilaiannya, dan ada kecakapan hidupnya dalam pelaksanaan P5 PPRA. Adapun hambatan yang dirasakan guru PAI berasal dari teknologi, santri, biaya, pemahaman dan pelatihan guru.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 01:41 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 01:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |