Medy, Putri Aulia and Siregar, Alfin (2024) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Expressive Writing untuk Menurunkan Prilaku Self Injury pada Siswa . Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4 (3). pp. 1147-1159. ISSN E-2798-365X
![]() |
Text
Putri_Aulia_Medy_Artikel.pdf Download (496kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konseling Kelompok dengan teknik expressive writing untuk menurunkan prilaku self-injury pada siswa di SMP Negeri 35 Medan. Sehingga berdasarkan persolaan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam menurunkan perilaku self-injury. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental design dengan bentuk design yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan disekolah SMP Negeri 35 Medan. Populasi penelitian sebanyak 60 siswa pada kelas VIII dan sampel diambil dengan purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai asymp. sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,011 yang berarti konseling kelompok dengan teknik expressive writing efektif untuk mencegah prilaku selfinjury pada siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukan jika perilaku Self Injury terdapat perubahan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing meskipun tidak seratus persen mencegah perilaku self-injury terjadi namun setidaknya dapat mengurangi perilaku self-injury yang dilakukan siswa itu sendiri. Besar tingkat kecenderungan perilaku Self Injury sebelum diberikan layanan konseling. Terdapat perbedaan yang signifikan antara tendensi perilaku self-injury pada siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik expressive writing dengan menggunakan layanan konseling kelompok. nilai skor posttest lebih rendah dibandingkan dengan nilai skor pretest.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Expressive Writing, Layanan Konseling Kelompok, Self-Injury |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:58 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |