Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kuala

Ramadana, Azzahra Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_WATERMARK.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB_I_WATERMARK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB_II_WATERMARK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_WATERMARK.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB_IV_WATERMARK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_WATERMARK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_WATERMARK-dikompresi_compressed-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang efektif berfokus pada kreativitas berpikir, pemecahan masalah, dan interaksi antara siswa dengan temannya untuk menciptakan dan menggunakan pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantu Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang terdiri dari kelas X-1 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan X-6 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay pretest dan posttest sebanyak 5 soal sesuai dengan indikator berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu macromedia flash 8 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Dengan hasil tertinggi pada kelas eksperimen dan kontrol terdapat pada indikator menyimpulkan, dengan hasil kelas eksperimen posttest 75,75, sedangkan kelas kontrol posttest 64,64. Dan untuk hasil terendah pada kelas eksperimen terdapat pada indikator membangun keterampilan dasar dengan posttest 60,6, sedangkan pada kelas kontrol terdapat pada indikator memberikan penjelasan lanjut dengan hasil posttest 56,56.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:39
Last Modified: 04 Feb 2025 06:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24494

Actions (login required)

View Item View Item