Manurung, Ahda (2024) Peran Ekstrakurikuler Malim Sekampung dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah Kepada Siswa di MTsN Tanjungbalai. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_Ahda_Manurung_compressed.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
BAB_I_AHDA_MANURUNG_(1)_compressed.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB_II_AHDA_MANURUNG_compressed.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB_III_AHDA_MANURUNG_compressed.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_AHDA_MANURUNG_compressed.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB_V_AHDA_MANURUNG_compressed.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Wm_Daftar_Pustaka-Daftar_Riwayat_Hidup_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap ekstrakurikuler Malim Sekampung di MTsN Tanjungbalai. Pelatihan dan pembinaan terkait pengurusan jenazah (fardhu kifayah) dan pelatihan doa/wirid bagi siswa masih jarang ditemui di sekolah-sekolah khususnya di Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan metode peneliitan kualitatif. menggunakan pendekatan fenomenologis dan bersifat penelitian lapangan (field research) dengan model analisis deskriptif data berbentuk kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler Malim Sekampung di MTsN Tanjungbalai yaitu diantaranya: 1) Pengurusan jenazah (Fardhu Kifayah) dan 2) Pelatihan doa-doa takziah dan wirid. Metode yang digunakan pembina dalam pelaksanaan Ekstrakurikuler Malim Sekampung dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada siswa yaitu melalui 1) metode ceramah, 2) metode demonstrasi, 3) metode praktik dan 3) metode keteladanan/uswatun hasanah. Evaluasi yang dilakukan oleh pembina evaluasi ranah kognitif yaitu melalui tes tertulis (multiple choice) dan tes lisan. Evaluasi ranah psikomotorik yaitu melalui tes unjuk kerja/praktik. Faktor Pendukung dalam kegiatan Ekstrakurikuler Malim Sekampung yaitu meliputi: (1) kepribadian dan cara mendidik pembina, (2) dukungan pihak sekolah, (3) Motivasi dari orangtua. Adapun faktor penghambat ekstrakurikuler Malim Sekampung yaitu adanya beberapa jadwal esktakurikuler siswa yang bertabrakan dengan ekstrakurikuler lain yang diikuti siswa tersebut. Keterbatasan event dan lomba yang mampu menunjang semangat siswa dalam hal bidang keagamaan tersebut yaitu fardhu kifayah dan perlombaan doa/wirid. Adapun upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan pengaturan jadwal yang fleksibel dan pengembangan event dan lomba.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |