Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di Kelas IV MIS Mutiara

Nasution, Azizah Febryani and Yusnaldi, Eka (2024) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di Kelas IV MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan,, 13 (3). pp. 2937-2950. ISSN p-ISSN 2302-1330, e-ISSN 2745-4312

[img] Text
azizah.pdf

Download (286kB)

Abstract

Peran pendidikan sangat penting dalam mengembangkan kualitas bangsa, termasuk dalam disiplin sosial. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap sosial yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan sikap sosial siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran CTL Mutiara terhadap sikap sosial siswa kelas IV MIS Mutiara pada mata pelajaran IPS, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran CTL. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif untuk mengevaluasi penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik. Proses analisis dimulai dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung di kelas untuk mengamati interaksi dan perilaku sosial peserta didik selama penerapan model CTL. Wawancara dilakukan dengan peserta didik, guru untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan pandangan mereka terhadap model pembelajaran ini. Dokumentasi meliputi analisis dokumen seperti rencana pelaksanaan pembelajaran, catatan harian guru, serta hasil kerja peserta didik. Tringulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber data, metode, dan teori Hasil penerapan model ini menunjukkan peningkatan sikap sosial siswa pada indikator disiplin, tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan toleransi. Faktor pendukung keberhasilan antara lain lingkungan sekolah kondusif, dukungan orang tua, kerjasama guru, orang tua, keteladanan guru, dan lingkungan sekitar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sarana prasarana, kurangnya pemahaman guru, jumlah siswa banyak, minimnya dukungan orang tua, lingkungan masyarakat kurang kondusif, dan waktu pembelajaran terbatas.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sikap Sosial, Contextual Teaching and Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 01 Feb 2025 04:28
Last Modified: 01 Feb 2025 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item