Sari, Milna (2024) Mekanisme perencanaan studi lanjut siswa madrasah aliyah swasta persiapan Medan. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10 (2). pp. 40-55.
![]() |
Text
JURNAL_MILNA_SARI.pdf Download (502kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kebingungan berkelanjutan serta kurangnya informasi di kalangan siswa mengenai rencana studi lanjut yang berdampak terhadap ketidakpastian siswa dalam pengambilan keputusan studi lanjut. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan mekanisme perencanaan studi lanjut siswa, efektifitas penentuan studi lanjut siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi mekanisme penentuan studi lanjut siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek yang berjumlah tiga orang siswa kelas XII yang mau melanjutkan studi lanjut dan guru BK. Prosedur pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mekanisme penentuan studi lanjut MAPN 4 Medan kelas XII sudah terlaksana dengan baik. Penentuan studi lanjut dimulai dengan memberikan pemahaman diri kepada siswa berdasarkan tes bakat dan minat, memberikan informasi berkaitan pemilihan jurusan dengan pembagian brosur dan website perguruan tinggi terkait informasi jurusan, persaingan dunia kerja, serta jumlah kuota dan peminat jurusan pada perguruan tinggi. (2) Efektivitas dalam penetuan studi lanjut kelas XII MAPN 4 Medan terlihat berjalan dengan baik dengan efektifnya pemberian bimbingan karier, layanan informasi, bimbingan kelompok, layanan konseling individual, dan layanan konseling penempatan serta penyaluran yang membuat siswa lebih berani mengambil keputusan dalam menentukan studi lanjut; (3) Terpetakannya determinan yang mempengaruhi mekanisme penentuan studi lanjut siswa kelas XII yaitu tes minat dan bakat siswa, dukungan guru, orangtua dan teman sebaya, prestasi akademik siswa, serta finansial dan informasi karier studi lanjut siswa.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:44 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |