حتليل طريقة القياس يف تعليم النحو ابستخدام كتاب منط ستة وثالثني ساعة (Jam 36 Pola (يف املدرسة الثانوية لتحفيظ القرآن سومطرة الشمالية

Yanti, Milda (2024) حتليل طريقة القياس يف تعليم النحو ابستخدام كتاب منط ستة وثالثني ساعة (Jam 36 Pola (يف املدرسة الثانوية لتحفيظ القرآن سومطرة الشمالية. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

[img] Text
Jurnal_Fix.pdf

Download (555kB)

Abstract

Metode qiyasi pada pembelajaran Nahwu ialah metode pembelajaran yang di mulai dari paparan kaidah kemudian berlanjut ke berbagai contoh yang relevan. Jenis penelitian ini ialah studi dokumen dan studi lapangan dengan metode analisis data deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi: berupa wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan wawancara yang terstruktur dengan sampel yaitu santri kelas IX-2 dan IX-5 yang berjumlah 15 orang dan guru Nahwu. Dokumentasi berupa buku pola 36 jam, alat perekam suara yang di dalamnya terdapat hasil wawancara. Data dianalisis menggunakan: 1.) reduksi data 2.) penyajian data 3.) penarikan kesimpulan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode qiyasi dalam pembelajaran Nahwu dan isi buku pola 36 jam. Masalah penelitian ialah bagaimana penerapan metode qiyasi dalam pembelajaran Nahwu dengan buku pola 36 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode qiyasi efektif digunakan karena memudahkan pengenalan kaidah Nahwu. Isi buku pola 36 jam mudah dipahami, baik dari subjudul yang terstruktur, bahasa yang ringkas, dan evaluasi yang tersedia.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:35
Last Modified: 24 Jan 2025 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item