Pramita, Desy Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Jurnal Pendidkan Matematika.
Text
Artikel_Jurnal_Desy_Pramita_(0305202087).pdf Download (603kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan literasi matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu dan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bilah Hulu dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu XI MIA 1 dengan jumlah sisiwa yaitu sebanyak 32 siswa dan kelas yang lain diajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom sebagai kelas ekperimen yaitu kelas XI MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Adapun teknik perhitungan dalam menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis komparatif dua sampel (dengan uji t-Test polled Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan literasi matematis namun tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar matematis siswa. Sedangkan untuk kemandirian belajar matematis siswa baik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional maupun yang diajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom menunjukkan nilai rata-rata angket yang tidak jauh berbeda
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:26 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23942 |
Actions (login required)
View Item |