Anggraini, Nadia (2024) Analisis Peran Pustawakan Untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Pondok Pesantren Al-Yusriyah Sei Meran Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (851kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (824kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (994kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (572kB) |
|
Text
BAB_IV_(2).pdf Download (765kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (444kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (693kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Peran Pustawakan Untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Pondok Pesantren Al-Yusriyah Sei Meran Pangkalan Susu Kabupaten Langkat”, yang dilatarbelakangi bahwa Perpustakaan berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada disekolah, dengan tujuan mendukung kurikulum pendidikan secara umum dan mengembangkan minat membaca. Untuk mencapai tujuan pelayanan yang berkualitas, perpustakaan dituntut untuk memenuhi kebutuhan pemustakanya. Tidak saja terpenuhinya sumber-sumber informasi, tetapi perlu juga diperhatikan fasilitas-fasilitas fisik, kualitas pelayanan, dan teknologi yang dapat membantu proses pelayanan sehingga tercapainya kepuasan pemakai. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian ini, memberikan penjelasan yang lebih menyeluruh tentang topik penelitian. Tiga metode pengumpulan data digunakan: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Wawancara dalam bentuk pedoman dengan beberapa pertanyaan digunakan sebagai alat bantu studi. Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan digunakan dalam teknik analisis data, triangulasi, termasuk triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran pustakawan di Pondok Pesantren Al-Yusriyah dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan sudah sangat baik, hanya saja perlu menyusun rencana anggaran yang lebih terperinci dan mengajukannya kepada pihak sekolah atau pemerintah, (2) Menyusun dan menerapkan strategi yang tepat untuk menarik minat peserta didik dan meningkatkan kunjungan ke perpustakaan, (3) dan menghadapi berbagai kendala yang signifikan, seperti keterbatasan dana, kurangnya dana berdampak pada sarana dan prasarana yang tidak memadai, seperti ruang perpustakaan yang sempit dan fasilitas baca yang kurang. Berdasarkan temuan penelitian diatas, maka meningkatkan mutu layanan perpustakaan layak diterapkan dan dilaksanakan sebagai solusi meningkatkan kualitas perpustakaan yang lebih disiplin untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bermutu.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 01:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23747 |
Actions (login required)
View Item |