Strategi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Pada Lingkup Atensi Moderasi Bergama di SMA Negeri 1 Lima Puluh

Azizi, Ahmad Raihan (2024) Strategi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Pada Lingkup Atensi Moderasi Bergama di SMA Negeri 1 Lima Puluh. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB_1_Ahmad_Fix.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB_II_AHMAD.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB_III_fix1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB_IV_fix.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB_V__fixdocx_compressed_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_AHMAD.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini berjudul "Strategi Manajerial Kepala Sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada lingkup atensi moderasi beragama di SMA Negeri 1 Lima Puluh" dilatar belakangi oleh sangat baiknya rasa toleransi serta harmonisasi antar umat beragama pada atensi moderasi beragama pada dilingkungan pendidikan, dengan minimnya aspek pendukung program penguatan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi perencanaan, strategi pelaksanaan, strategi pengorganisasian, strategi pengawasan atau pengontrolan serta strategi evaluasi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada lingkup atensi moderasi beragam di SMA Negeri 1 Lima Puluh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dari sisi pendekatan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan sumber informasi penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana serta pendidik SMA Negeri 1 Lima Puluh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi perencanaan di SMA Negeri 1 Lima Puluh meliputi visi, misi, pendidikan karakter berfokus moderasi beragama, kolaborasi kepala sekolah dan guru, serta indikator keberhasilan dan perencanaan tahunan untuk memastikan efektivitas dan evaluasi program. Strategi pengorganisasian kepala sekolah di SMA Negeri 1 Lima Puluh untuk memperkuat pendidikan karakter dengan moderasi beragama adalah pendekatan sistematis yang melibatkan perencanaan, kolaborasi, dan pengawasan. Kepala sekolah menggunakan Kurikulum Merdeka dan struktur organisasi yang jelas untuk menciptakan lingkungan inklusif, memastikan relevansi program, dan mencapai pendidikan berkualitas tinggi. Pendekatan ini mendukung penguatan karakter siswa secara holistik, sesuai teori manajerial Handoko (2003) dan Kurnia & Suryana (2020).Strategi pelaksanaan manajemen di SMA Negeri 1 Lima Puluh menggunakan pendekatan terstruktur dan integratif untuk mencapai visi dan misi pendidikan karakter, mencakup kegiatan rutin tematik, pengaturan sumber daya yang efektif, dan koordinasi antara kepala sekolah, guru, dan staf tanpa menggunakan strategi khusus. Strategi pengawasan di SMA Negeri 1 Lima Puluh mencakup rapat rutin, evaluasi terjadwal, dan pelaporan disiplin untuk memastikan program berjalan efektif dan berkelanjutan. Evaluasi rutin dan perencanaan tahunan mendukung pendidikan karakter dengan pendekatan sistematis dan diskusi mendetail. Strategi pengawasan di SMA Negeri 1 Lima Puluh melalui pendekatan komprehensif melalui rapat rutin, evaluasi terjadwal, dan pelaporan disiplin mencerminkan komitmen terhadap pelaksanaan program yang efektif dan perbaikan berkelanjutan. Evaluasi rutin di SMA Negeri 1 Lima Puluh memastikan program pendidikan karakter berjalan efektif dengan pendekatan sistematis dan berkelanjutan, melalui evaluasi komprehensif, perencanaan tahunan, dan diskusi mendetail untuk perbaikan berkelanjutan Untuk memperkuat pendidikan karakter dengan fokus pada moderasi beragama di SMA Negeri 1 Lima Puluh, disarankan meningkatkan kolaborasi kepala sekolah dan guru, melibatkan orang tua dan masyarakat, serta melaksanakan evaluasi berkelanjutan. Fasilitasi pelatihan guru, bentuk sistem pemantauan kemajuan, dan sesuaikan strategi berdasarkan evaluasi. Tingkatkan komunikasi visi dan strategi kepada semua pemangku kepentingan untuk pemahaman dan keterlibatan optimal.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 05:41
Last Modified: 22 Jan 2025 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23679

Actions (login required)

View Item View Item