Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Fotosintesis di MI/SD

Anisa, Anggi (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Fotosintesis di MI/SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

[img] Text
1191-Article_Anggi_Anisa.pdf

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran IPA berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis berpikir kritis pada siswa MI/SD. LKPD yang dikembangan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD dalam membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik materi fotosintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (Rnd) dngan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MIN 7 Kota Medan. Instrumen yang digunakan berupa angket lembar kelayakan ahli media dan ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa serta uji kelayakan berupa pre test dan post test. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh skor 93 dengan kategori layak. Hasil uji kepraktisan angket guru dan siswa memperoleh skor 91 dengan kategori sangat praktis. Hasil tes pre test 37,5 dan post test 83,5 menunjukkan kenaikan sebesar 46, sehingga diperoleh hasil NGain sebesar 0,74 dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangan sangat layak, sangat praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran materi fotosintesis.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:48
Last Modified: 21 Jan 2025 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item