Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Dalam Permainan Worms Zone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 4 Kota Medan

Wahyuni, Astri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Dalam Permainan Worms Zone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 4 Kota Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I (1).pdf

Download (456kB)
[img] Text
3__Bab_II (1).pdf

Download (582kB)
[img] Text
4__BAB_III (1).pdf

Download (733kB)
[img] Text
5__BAb_IV (1).pdf

Download (818kB)
[img] Text
6__Bab_V (1).pdf

Download (412kB)
[img] Text
7__pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilaukan berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Dalam Permainan Worms Zone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 4 Kota Medan”, yang dilatar belaangi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tidak memuaskan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran konvensional. Metodologi penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Tenik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis uji efektivitas menggunakan uji NGain. Teknik analisis data yang digunakan adalah angket skala likert dan melakukan persiapan untuk memberi saran dan komentar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran kartu bergambar dalam permainan Worms Zone dapat dilihat dari hasil penilaian validator, guru dan peserta didik. Mediapembelajaran kartu bergambar dalam permainan Worms Zone yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak berdasarkan validasi yang menunjukkan kriteria sangat layak dari berbagai aspek. (2) tingkat efektivitas media pembelajaran kartu bergambar dalam permainan Worms Zone untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 4 Kota Medan pada materi jenis penggolongan hewan berdasarkan makanannya terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttes. Rata-rata nilai pretest adalah 43,3, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 92,5, Uji N-Gain menunjukkan dengan nilai 87,5 dengan kategori "Tinggi”. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka media pembelajaran kartu bergambar dalam permainan Worms Zone ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MIN 4 Kota Medan pada materi jenis penggolongan hewan berdasarkan makanannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:47
Last Modified: 16 Jan 2025 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item