Manajemen Inovasi Kurikulum Di Mankabupaten Tapanuli Tengah (Studi Multi Situs Di Man Se Kabupaten Tapanuli Tengah)

ALI NAPIAH LUBIS, MUHAMMAD (2024) Manajemen Inovasi Kurikulum Di Mankabupaten Tapanuli Tengah (Studi Multi Situs Di Man Se Kabupaten Tapanuli Tengah). Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara.

[img] Text
2__CAVER_DKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3__BAB_I_ALI_NAFIAH_OK.pdf

Download (586kB)
[img] Text
4__BAB_II_ALI_NAFIAH_(NEW).pdf

Download (917kB)
[img] Text
5__BAB_III_ALI_NAFIAH_OK_NEW.pdf

Download (613kB)
[img] Text
6__BAB_IV_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7__V_ALI_NAFIAH_compressed.pdf

Download (304kB)
[img] Text
8__DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membahas mengenai persamaan dan perbedaan manajemen inovasi kurikulum di MAN se Kab. Tapanuli Tengah yang dianalisis dengan menggunakan analisis multi situs pendekatan kaualitatif interpretatif, Metode yang di gunakan yaitu Kualitatif Multisitus dengan lokasi penelitian di 3 Madrasah Aliyah Negeri di kabupaten Tapanuli Tengah, Hasil Penelitian ini yaitu: 1. Perencanaan Inovasi Kurikulum di MAN Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki beberapa asper di antaranya: 1) Selalu melakukan peningkatan kualitas pendidikan baik dari sisi akademik maupun nonakademik 2) Sebagai Madrasah yang unggul dengan ciri khas ketrampilan 3) Memiliki gagasan atau ide baru yang terkait dengan munculnya inovasi kurikulum muatan lokal (Mulok), 4) Memiliki tujuan agar siswamampu hidup dan memiliki life skill, jiwa kewirausahaan, kebangsaaan dankeagamaan 5) Memiliki lulusan dan peluangyang diterimamasyarakat berdasarkan landasan ahlussunnah wal jama’ah 2. Pelaksanaan Inovasi Kurikulum di MAN Kabupaten Tapanuli Tengah memiiliki beberapa kesamaan yaitu 1) Sama-sama menggunakan landasan kurikulum yang sama yaitu mengacu pada BSNP 2) Melakukan pengembangan kurikulum pada mata pelajaran keagamaan. 3) Bekerja sama dengan lembaga lain untuk meningkatkan kualitas siswa dalam bidang ketrampilan. 4) Melakukan stady banding dengan Madrasah atau lembagalembaga lain sebagai pertimbangan peningkatan pendidikan. 5) Mengadakan praktek ibadah secata tersetruktur untuk siswa untuk meningkatkan kualitas dalam bidang keagamaan. 6) Membna siswa untuk tetap disiplin dalam bertingkah maupun beradministrasi. 7) Mengadakan praktik langsung pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ketrampilan dan olahraga 3. Pengevaluasian Inovasi Kurikulum di MAN Kabupaten Tapanuli Tengah dilakukan dengan: a. secara bertahap baik dalam setiap semester maupun setiap bulan. b. Agenda evaluasi dilakukan oleh pihak pimpinan Madrasah dengan tema evaluasi diri Madrasah (EDM) diwilayah tenaga kependidikan. c. Evaluasi waka kurikulum dilaksanakan secarainsidental dengan tema bahan kegiatan kurikulum (review) dimasingmasing jurusan. d. Evaluasi guru dilakukan secara berangsur untuk Inovasi Kurikulum Pendidikan di Madrasah. Kata Kunci: Manajemen, Inovasi, Kurikulum, Madrasah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.13 Perubahan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 13 Jan 2025 08:37
Last Modified: 14 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23134

Actions (login required)

View Item View Item