Shafia, Cut Mona and Basri, Muhammad and Farabi, Mohammad Al (2023) Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqra’ di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3). 21492--21498. ISSN O-ISSN : 2614-3097 P-ISSN : 2614-6754
Text
32. PENGARUH METODE BERNYANYI.pdf Download (202kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Iqra’ anak usia dini melalui metode bernyanyi serta bagaimana penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca Iqra’ anak di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan membagi kelompok ke dalam dua kelas, yakni kelas eksperimen (B1) sebanyak 10 anak dan kelas kontrol (B2) sebanyak 10 anak. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji peringkat Mann Whitney (U Test) dengan langkah-langkah yang dilakukan, yaitu membuat tabel penolong untuk Uhitung, mengitung Uhitung, menentukan nilai Utabel dan menentukan pengujian. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan membaca Iqra’ anak di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat yang diajarkan dengan metode terbimbing berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan kategori rendah. 2) Kemampuan membaca Iqra’ anak di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat yang diajarkan dengan metode bernyanyi berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan kategori tinggi. 3) Penerapan metode pembelajaran bernyanyi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Iqra’ di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Bernyanyi, Membaca Iqra’, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:25 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22785 |
Actions (login required)
View Item |