HAMDANI, RIKI (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA SALBIYANA DENGAN ALGORITMA C4.5. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi_Riki_Hamdani_Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_RIKI_HAMDANI_0701183213_BAB_I.pdf Download (804kB) |
|
Text
SKRIPSI_RIKI_HAMDANI_0701183213_BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_RIKI_HAMDANI_0701183213_BAB_III.pdf Download (756kB) |
|
Text
SKRIPSI_RIKI_HAMDANI_0701183213_BAB_IV.pdf Download (789kB) |
|
Text
SKRIPSI_RIKI_HAMDANI_0701183213_BAB_V.pdf Download (711kB) |
Abstract
Setiap Klinik memiliki sistem informasi manajemen masing-masing. Beberapa aspek sistem informasi manajemen Klinik pada Klinik Pratama Salbiyana yakni aspek pendaftaran, perawat, dokter, fasilitias, kebersihan, kenyamanan, administrasi dan keuangan. Sistem informasi manajemen Klinik Pratama Salbiyana merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu. Sistem informasi manajemen Klinik Pratama Salbiyana secara umum bertujuan untuk mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai subsistem dan mengolah informasi yang diperlukan sebagai pengambilan keputusan. Manajemen Klinik Pratama Salbiyana menghendaki pengelolaan yang efektif dan efesien. Jumlah pasien yang berobat di Klinik Pratama Salbiyana khususnya ditiap tiap poli mengalami fluktuasi setiap bulannya periode Januari 2021 sampai dengan Desember 2021. Pelayanan Klinik Pratama Salbiyana harus dapat dijaga kualitasnya agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk dapat membantu tercapainya tujuan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Kepuasan pasien merupakan hal yang sangat penting dalam menilai kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasiennya. Tingkat kepuasan pasien yang akurat sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. Oleh karena itu, pengukuran tingkat kepuasan pasien perlu dilakukan secara berkala, teratur, akurat, dan berkesinambungan. Dalam hal ini peneliti ingin menggunakan data mining klasifikasi untuk memprediksi kepuasan pasien terhadap sistem informasi manajemen Klinik Pratama Salbiyana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Penerapan dari hasil data mining dalam menganalisis tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan algoritma C4.5 di Klinik Pratama Salbiyana adalah hasil puas dan kurang puas.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma C4.5, Data Mining, Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Bagus Gigih Permana |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 08:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22730 |
Actions (login required)
View Item |