METODE BIMBINGAN TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRIWATI PESANTREN UTSMAN BIN AFFAN KECAMATAN PATUMBAK

Amaliah, Diah (2024) METODE BIMBINGAN TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRIWATI PESANTREN UTSMAN BIN AFFAN KECAMATAN PATUMBAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (416kB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan Tikrar dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada santriwati pesantren Utsman Bin Affan, untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada santriwati Utsman Bin Affan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada santriwati Pesantren Utsman Bin Affan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah berjumlah 8 orang. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan varifikasi. Hasil penelitian mengenai tentang metode bimbingan Tikrar dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada santriwati adalah menggunakan metode Tikrar yang dilakukan kepada santriwati wajib untuk mengulang hafalannya ketika sebelum shalat dan sesudah shalat. Upaya meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan motivasi anak-anak yang sangat diperlukan dalam kegiatan menghafal, jika seorang tidak memiliki motivasi dalam menghafal maka tidak mungkin dapat melaksanakan kegiatan menghafal dengan baik. Faktor-faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an terhadap anak santriwati seperti, tawakal dan berdoa, niat, motivasi, istiqomah dan lingkungan sedangkan faktor penghambatnya seperti karena adanya rasa malas, adanya rasa kantuk, tempat menghafal, pelupa, dan adanya kecerdasan yang berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Meningkatkan Kemampuan, Al-Qur’an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:13
Last Modified: 25 Sep 2024 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item