Albina, Meyniar (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Dosa Besar Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI Teknik Kenderaan Ringan Otomotif (TKRO-1) SMKN 2 Rantau Utara. Pena Cendekia: Jurnal Pendidikan,Sain, Agama dan Teknologi, 2 (2). ISSN ISSN 2339-272
Text
7. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (1).pdf Download (294kB) |
|
Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.pdf Download (544kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : 1) hasil belajar siswa sebelum penggunaan Mind Mapping pada pelajaran Pendidikan Agama Islam materi dosa besar kelas XI TKRO-1 SMKN 2 Rantau Utara 2) hasil belajar siswa sesudah penggunaan Mind Mapping pada pelajaran Pendidikan Agama islam materi dosa besar pada kela XI TKRO-1 SMKN 2 Rantau Utara, 3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Mind Mapping pada pelajaran Pendidikan Agama Islam materi dosa besar pada kelas XI TKRO-1 SMKN 2 Rantau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Subjek diambil 18 siswa yang beragama Islam saja kelas XI TKRO-1 SMKN 2 Rantau Utara. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Melalui penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKRO-1 SMKN 2 Rantau Utara Tahun Ajaran 2018/ 2019. Hasil tersebut ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil belajar yang tercapai antar pre test (60) dengan presentase (16,67 %), siklus I (71,68) dengan presentase (44,44%), siklus II (85) dengan presentase (88,90%)
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 19:45 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 23:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22631 |
Actions (login required)
View Item |