KOMUNIKASI PUBLIC RELATION PONDOK PESANTREN DARUL AZHAR DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PADA MASYARAKAT ACEH TENGGARA

Helandra, M Ebi Saluja (2023) KOMUNIKASI PUBLIC RELATION PONDOK PESANTREN DARUL AZHAR DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PADA MASYARAKAT ACEH TENGGARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover_bebas_pustaka_eby.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB_I_bebas_pustaka_eby.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB_II_Bebas_Pustaka_eby_(1).pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB_III_Bebas_Pustaka_eby.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB_IV_Bebas_Pustaka_eby.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB_V_Bebas_Pustaka_eby.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Bebas_Perpus_eby.pdf

Download (604kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi public relation Pondok Pesantren Darul Azhar dalam Membangun citra positif dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam berkomunikasi melalui praktek public relation yang digunakan serta mengetahui hambatan serta solusi dari hambatan tersebut dalam menerapkan komunikasi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul Azhar Jalan Kutacane Blangkejeran, Deleng Megakhe Kabupaten Aceh Tenggara . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu suatu penelitian yang berupaya menghimpun data, mengolah, menganalisa dan menafsirkan secara kualitatif dan mendeskripsikan atau menggambarkan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yangditeliti. Informan penelitian ini terdiri dari 1 Pesantren Darul Azhar, 3 orang dari Ustad Pondok pesantren Darul Azhar, 3 orang dari Masyarakat. Teknik Pengumpulan data digunakan dengan obserasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi komunikasi Public Relation Pondok Pesantren Darul Azhar Dalam Membangun Citra Positif Pada Masyarakat Aceh Tenggara yakni mengenal khalayak sebagai sasaran komunikasi, menyusun pesan yang akan disampaikan kepada khalayak, menentukan metode komunikasi seperti redundancy yaitu mengulang-ulang pesan yang disampaikan; canalizing yaitu memahami kelompok yang menjadi sasaran strategi komunikasi; informatif yaitu memberikan informasi; persuasive yaitu mempengaruhi dan Memberikan; edukatif yaitu mendidik, kemudian strategi yang dilakukan selanjutnya pemilihan penggunaan media, dan terakhir peranan komunikator. Hambatan Public Relation Pondok Pesantren Darul Azhar Terbesar adalah kurangnya Komunikasi dan kesulitan dalam menyatakan Persepsi yang menghambat seluruh proses komunikasi. Adapun hambatan lainnya masih bisa diatasi dengan mudah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Public Relation, Citra Positif
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.001 3 Islam dan Kemanusiaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Dhimas Dharmawan
Date Deposited: 01 Jan 2024 06:44
Last Modified: 01 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22106

Actions (login required)

View Item View Item