Metode Bimbingan Penyuluhan dalam Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Stunting terhadap Calon Pengantin di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Asahan

Lubis, Putri Chairunnisa (2022) Metode Bimbingan Penyuluhan dalam Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Stunting terhadap Calon Pengantin di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB_I-1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB_II-1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB_III-1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB_IV-1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB_V-1.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan bimbingan penyuluhan dalam peningkatan pengetahuan pencegahan stunting terhadap calon pengantin, (2) Mengetahui dampak dilaksanakannya bimbingan penyuluhan dalam peningkatan pengetahuan pencegahan stunting pada calon pengantin. (3) Mengatahui faktor penghambat dalam melakukan bimbingan penyuluhan peningkatan pengetahuan pencegahan stunting pada calon pengantin. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskirptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait penelitian. Hasil penelitian ini menggungkapkan bahwa pelaksanaan bimbingan penyuluhan pencegahan stunting terhadap calon pengantin di dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kabupaten Asahan kurang maksimal, karena luas nya wilayah Kabupaten Asahan sehingga belum semua calon pengantin mendapatkan pelayanan penyuluhan tersebut, di dalam kegiatan bimbingan penyuluhan stunting belum ada dilakukan survei terkait efek pemberian bimbingan penyuluhan kepada calon pengantin sehingga tidak ada pembaharuan dalam penyampaian dari penyuluhan selanjutnya di lapangan. Dampak dilaksanakannya program ini memiliki dampak yang positif yaitu untuk kedepannya bisa terhindar dari stunting, Selain dari pada pemberian materi, calon pengantin juga diberi vitamin penambah darah untuk mencegah stunting. Hambatannya masih banyak yang belum mengetahui apa itu stunting, kemudian masih banyaknya calon pengantin yang belum terdaftar sehingga bimbingan penyuluhan stunting kurang maksimal, dengan adanya program elsimil sangat berguna untuk pendaftaran calon pengantin tetapi disamping itu banyak calon pengantin yang belum mengetahui penggunaan aplikasi tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Stunting, Calon Pengantin
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 22 Dec 2023 05:24
Last Modified: 22 Dec 2023 05:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

View Item View Item