PENGARUH PENGGUNAAN FILM PENDEK DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA CERDAS BANGSA KECAMATAN NAMORAMBE

hasibuan, ardelia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN FILM PENDEK DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA CERDAS BANGSA KECAMATAN NAMORAMBE. Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang kurang efektif menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Kurangnya minat belajar siswa disebabkan pendidik yang hanya menggunakan media pembelajaran seperti biasa dengan buku atau LKS membuat peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran. Penggunaan media kurang dimanfaatkan disekolah walau fasilitas lengkap. Dan kurangnya kreatifitas pendidik dalam menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dari pengunaan media audio visual terutama dengan penggunaan film pendek terhadap minat belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas X di SMA Cerdas Bangsa Kecamatan Namorambe. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengunaan film pendek.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model eksperimen semu. Dengan populasi sebanyak 108 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang diambil secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angketsebagai metode pokok, observasi, dokumentasi sebagai metode pendukung, yang peneliti gunakan untuk menganalisa data yang terkumpul dalam penelitian ini menggunakan uji Quasi Eksperimen. Dari hasil penelitian di simpulkan bahwa, penggunaan film pendek terbukti membuat materi yang akan disampaikan kepada peserta didik lebih menarik dan bervariasi, sehingga dapat menarik minat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran yang di berikan oleh pendidik. Dan terdapat pengaruh yang signifikan hasil akhir pada uji Hipotesis yang dimana Ha dapat diterima dengan pengambilan keputusan < 0,05 berarti dapat diterima atau penelitian berhasil dan bahwa Film pendek ini berpengaruh pada Minat belajar siswa maka dari itu, dapat dilihat dari nilai Sig2(tailed) adalah 0,00 yang dimana 0,00 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan film pendek ini berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA Cerdas Bangsa Kecamatan Namorambe. Hal ini berarti tingkat penggunaan film pendek yang digunakan dengan materi pelajaran, membuat minat belajar semakin meningkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Muthia Syafitri Ulfi
Date Deposited: 20 Dec 2023 16:37
Last Modified: 20 Dec 2023 16:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item