EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SILAYDA DAN SALAK E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANGSIDIMPUAN (Kajian Terhadap Permendagri No. 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dalam Perspektif Fiqh Siyasah)

siregar, wahidah habsyah (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SILAYDA DAN SALAK E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANGSIDIMPUAN (Kajian Terhadap Permendagri No. 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dalam Perspektif Fiqh Siyasah). Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text
Cover_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB_I_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB_II_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB_III_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB_IV_Wahidah_Habsyah_Siregar_compressed.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB_V_Wahidah_Habsyah_Siregar.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Wahidah_Habsyah_Siregar_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahidah Habsyah Siregar (0203183170). Efektivitas Pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan (Kajian Terhadap Permendagri No. 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dalam Perspektif Fiqh Siyasah). Program Studi Siyasah. Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Dosen Pembimbing I: Dr. M. Iqbal Irham, M.Ag. Dosen Pembimbing II: Dra. Sahliah, M.Ag. Penelitian ini berdasarkan Permendagri No. 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dan fiqh siyasah. Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas tentang bagaimana efektivitas pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP berdasarkan Permendagri No. 7 Tahun 2019, apa saja hambatan dan tantangan yang dialami dalam pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP di Disdukcapil Kota Padangsidimpuan dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap Permendagri No. 7 Tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana efektivitas pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP berdasarkan Permendagri No. 7 Tahun 2019, untuk menarasikan apa saja hambatan dan tantangan yang dialami dalam pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP di Disdukcapil Kota Padangsidimpuan, serta untuk mendeskripsikan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap Permendagri No. 7 Tahun 2019. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan Perundang-undangan dan pendekatan sosiologis yaitu metode penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat dengan terjun langsung ke lapangan menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui 4 (empat) teknik pengumpulan data: observasi, wawacara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP di Disdukcapil Kota Padangsidimpuan belum efektif. Namun, berdasarkan pandangan fiqh siyasah pelaksanaan SILAYDA dan SALAK E-KTP di Disdukcapil Kota Padangsidimpuan sudah sesuai dengan anjuran siyasah dusturiyah, dimana Dsisdukcapil sudah berusaha meningkatkan pelayanan pembuatan E-KTP menjadi pelayanan daring sesuai dengan amanat Permendagri No 7 Tahun 2019 melalui pembentukan SILAYDA dan SALAK

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, SILAYDA dan SALAK E-KTP, Fiqh Siyasah.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Muthia Syafitri Ulfi
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:31
Last Modified: 19 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item