Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI

Utari, Vovi and Rambe, Riris Nurkholidah (2023) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12 (3). pp. 361-372. ISSN 2745-4312

[img] Text
JURNAL_VOVI_UTARI.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis serta kesulitan menulis pada siswa kelas rendah dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis siswa pada kelas III di MIN 8 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk menjamin keabsahan data digunakan melalui triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis siswa di kelas rendah masih rendah. Kedua, beberapa kesulitan menulis yang dialami oleh siswa kelas III melalui buku tulis mereka diantaranya: ukuran dan bentuk huruf tidak seimbang, tulisan keluar dari alur garis buku, ada huruf yang tertinggal pada sebuah kata, kesalahan penulisan huruf pada sebuah kata, lambat dalam menulis, tidak ada spasi dalam menulis dan tulisan tidak jelas atau tidak terbaca. Ketiga, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis permulaan yaitu: faktor internal siswa mencakup kemampuan motorik halus yang lemah, kemampuan visual memori lemah, minat dan motivasi belajar yang rendah dan kebiasaan belajar yang dilakukan siswa baik di kelas maupun di rumah. Sedangkan faktor eksternal siswa mencakup kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa, suasana rumah yang kurang mendukung, kondisi lingkungan sekitar dan pengaruh media sosial.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kesulitan menulis, faktor-faktor, siswa kelas rendah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 17 Dec 2023 10:59
Last Modified: 17 Dec 2023 10:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item