PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTS IRA

Nasution, Siti Hajar (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTS IRA. Skripsi thesis, North Sumatra State Islamic University, Medan.

[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_dan_lampiran-1.pdf

Download (712kB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS siswa di MTs. IRA (2) Pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS siswa di MTs. IRA Masalah penelitian ini yang mana terdapat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII di MTs. IRA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS siswa di MTs. IRA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian One Group Pre-Test- Post Test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas A dengan jumlah 25 orang dan kelas B dengan jumlah siswa 25 orang pengumpulan data yang dilakukan menggunkan teknik tes. Soal pilihan berganda digunakan sebagai alat tes pengukur yang sebelumnya sudah diuji dan dianalisis dengan validasi dan reabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran strategi active learning teradap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs.IRA, dilihat dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 78,2 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77,64. Perhitungan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung dengan ttabel diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu nilai 25 >1,7.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran giving questions and getting answer, hasil belajar ips siswa
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:52
Last Modified: 14 Dec 2023 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item