Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik REBT untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Pembelajaran Daring

Rosya, Marlina (2022) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik REBT untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Dan_Lainnya.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB_I-1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB_II-1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB_III-1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB_IV-1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB_V-1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat Kecemasan Siswa Sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. 2) Tingkat Kecemasan Siswa Sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. 3) Efektivitas layanan konseling kelompok teknik REBT untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Quasi Experimental Design menggunakan Nonequivalente control group design. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest instrumen angket skala kecemasan siswa menghadapi pembelajaran daring. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara statistik menggunakan analisis uji-t dengan Independent Sample T-test. Untuk pengujian tingkat efektivitas layanan konseling kelompok teknik REBT menggunakan N-Gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat Kecemasan Siswa Sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. Setelah dianalisis diperoleh rata-rata sebesar 57, 71 dengan kategori Tinggi. 2) Tingkat Kecemasan Siswa Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. Setelah dianalisis diperoleh rata-rata sebesar 78.00 dengan kategori sedang. 3) Hasil Uji Independent Sample t Test menghasilkan nilai thitung > ttabel yang mana (11.001 > 2.0595), maka Ha diterima, oleh karena itu layanan konseling kelompok teknik REBT efektif untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran daring. Jika dilihat dari nilai N-Gain 0.3 maka tingkat efektivitas dari layanan konseling kelompok teknik REBT berada pada kategori Sedang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Belajar Daring, Konseling Kelompok, Teknik REBT
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 11 Dec 2023 15:18
Last Modified: 11 Dec 2023 15:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item View Item