Classroom Management of Teacher at SMP-IT AL-Fityan School Medan City

chaniago, nasrul syakur and khairani, echa putri (2023) Classroom Management of Teacher at SMP-IT AL-Fityan School Medan City. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol. 7 (No. 1). ISSN 2548-8201

[img] Text
5900-Article_Text-11243-1-10-20230617_(8).pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan karena pembelajaran merupakan inti proses pendidikan. Proses pembelajaran akan selalu berlangsung dalam suatu kegiatan di sekolah, jelasnya yaitu kegiatan pembelajaran dikelas. Kegiatan itu perlu diciptakan dan dikembangkan menjadi wahana bagi keberhasilan proses pembelajaran yang efektif. Hal ini berarti diperlukan manajemen tersendiri untuk mengembangkan kegiatan itu, dan manajemen yang dimaksud adalah manajemen kelas. Adapun yang menjadi kajian dalam penulisan ini adalah: (1).Untuk mengetahui perencanaan manajemen kelas guru yang ada pada SMP-IT AL-Fityan School Medan, (2). Kemampuan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru di SMP-IT Al-Fityan School Medan, (3) Apa saja hambatan yang ada dalam pengelolaan kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengelolaan kelas oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran harus direncanakan terlebih dahulu dengan langkah-langkah yang jelas dan fungsional sebagai bahan persiapan pengajaran; (2) Guru harus mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan siswa dalam mengelola kelas, sehingga metode/media pembelajaran yang digunakan lebih tepat; dan (3) dalam pengelolaan kelas, seorang guru membutuhkan keterampilan dan metode pengajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan siswa agar kondisi pembelajaran tetap optimal.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kelas, Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:39
Last Modified: 11 Dec 2023 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21438

Actions (login required)

View Item View Item