PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP TAHFIDZUL QUR’AN AMANAH PADA MATERI STATISTIKA

YUNA, FEBRI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP TAHFIDZUL QUR’AN AMANAH PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif agar dapat digunakan sebagai modul pembelajaran pada statistika. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Tahfidzul Qur’an Amanah tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket validasi, angket respon siswa dan guru, dan tes hasil kemampuan komunikasi matematis berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan modul pembelajaran sebesar 4,17 dengan kategori baik/ cukup valid. Kepraktisan modul pembelajaran dari respon siswa sebesar 4,43 dengan kategori baik/cukup praktis dan respon guru sebesar 3,65 dengan kategori baik/cukup praktis. Keefektifan setelah menggunakan modul pembelajaran meningkat sebesar 60% dan setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa t-hitung= 4,805 dan t-tabel= 0,381 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest karena t-hitung > t-tabel taraf kesalahan α = 0,05 atau 5%, dengan kategori tinggi yang berarti bahwa modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa . Dengan demikian modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:57
Last Modified: 30 Dec 2023 17:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21421

Actions (login required)

View Item View Item